Selamat Datang

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Selamat datang di blogku, silakan Anda baca..Semoga bermanfaat...

Kamis, 12 Juli 2012

Ormas Islam yang "Islam Banget & Indonesia Banget"

Seperti yang telah banyak kita ketahui keberadaan ormas-ormas Islam di Indonesia sangat beragam. Tentunya kita dapat menilai sendiri bagaimana ormas-ormas tersebut hidup di negara Indonesia tercinta ini. Nahdlatul Ulama (NU) sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia mempunyai peranan dan keselarasan dengan perjalanan Bangsa Indonesia. 













NU mempunyai ciri khas :
  1. At Tawassuth (sikap tengah-tengah), sedang-sedang, tidak ekstrim kiri atau ekstrim kanan).(QS. Al Baqarah : 153)
  2. At Tawazun (seimbang dalam segala hal termasuk dalam penggunaan dalil Aqli dan dalil Naqli (QS. Al Hadid : 25)
  3. Al I'tidal (lurus). (QS. Al Maidah : 9)

inilah yang selalu dipegang dan menjadi pembeda antara NU dengan ormas lainnya.


NU Islam Banget
Para Ulama NU dalam mengambil hukum selalu memperhatikan 3 hal pokok di atas, inilah yang menjadikan NU mudah diterima di hati masyarakat Indonesia. Senada dengan ajaran Wali Songo yang berdakwah dengan menggunakan kasih sayang tanpa paksaan apalagi kekerasan. Tentunya sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW. Semua amaliah warga NU mempunyai dalil yang kuat yang tidak bisa dibantah lagi, meskipun ada orang-orang yang tidak senang dengan amaliah-amaliah warga NU. Mereka hanya bisa mencaci dan menghujat, akan tetapi warga NU akan tetap menjaga amaliah yang sudah dilanggengkan oleh ulama-ulama NU terdahulu. Kami warga NU meyakini bahwa ulama-ulama NU terdahulu pasti telah menggunakan dalil dan hujjah yang kuat ketika mengeluarkan suatu amaliah atau hukum.

Warga NU tidak mengutamakan kekerasan dalam berdakwah, akan tetapi dengan sifat kasih sayang. Apalagi mudah mengkafirkan sesama umat Islam. Naudzubillah...
Sifat-sifat kasih sayang telah dicontohkan oleh ulama-ulama terdahulu seperti KH. Hasyim Asy'ari, KH. Wahab Hasbullah, KH. Bisri Musthofa terus menerus sampai sekarang masih mengalir di hati para ulama-ulama NU.

NU Indonesia Banget
NU sebagai salah satu pengantar lahirnya kemerdekaan Indonesia mempunyai andil yang besar. Terbukti pada saat masa penjajahan, ulama-ulama dan warga NU tidak hanya berdiam diri. Mereka ikut berjuang melawan penjajah. Adanya Laskar Hizbullah adalah bukti NU sangat cinta Indonesia. Nu Ingin mengantarkan Indonesia menjadi negara yang merdeka.
Sepanjang sejarah, NU tidak pernah sekalipun menentang pemerintahan apalagi melakukan pemerontakan terhadap pemerintah. Kami warga NU taat dan patuh kepada pemerintahan selama pemimpinnya adalah muslim. Kami tidak menginginkan Indonesia menjadi negara Islam walaupun kami sadar mayoritas umat Islam di Indonesia adalah warga NU. Inilah bukti ketaatan kami terhadap Ulil Amri..
Jadi kita harus jaga NU, menjaga keberadaan NU sama halnya dengan menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

Sudah tidak diragukan lagi kalau NU itu Islam Banget, NU itu Indonesia Banget...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar